SMAPalas Gelar Workshop Kurikulum Merdeka

SMAPalas.Id. SURABAYA– Selasa (14/6), Keluarga besar SMA Negeri 14 Surabaya, (baca SMAPalas) punya gawe luar biasa, yakni menggelar kegiatan workshop. Kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka ini terasa istimewa karena dilaksanakan pukul 13.00 WIB pascaujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) di ruang guru SMAPalas.

Kegiatan workshop tersebut terkesan mendesak dan dilaksanakan di tengah kesibukan Bapak Ibu guru mengoreksi hasil ujian, mengolah nilai, dan mencatat prestasi siswa untuk nilai rapor. Mengapa? Ibu Sri Widiati, Kepsek SMAPalas, ketika memberikan kata sambutan dalam workshop itu menjelaskan, “Workshop Kurikulum Merdeka ini harus  segera dilaksanakan mengingat tahun ajaran baru 2022-2023 SMAPalas akan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk Kelas X. Selain itu, dengan workshop ini diharapkan Bapak Ibu guru dapat memahami Kurikulum Merdeka dan bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada dalam kurikulum sehingga mampu mengimplementasikannya dalam proses pembelajarannya nanti.”

Kegitan workshop ini diikuti seluruh Bapak Ibu guru dan beberapa Staf Tata Usaha SMAPalas. Bertindak sebagai nara sumber ialah Bapak Damari, M.Pd, instruktur Nasional  Fisika yang juga guru Fisika SMAN 5 Surabaya.

Merunut skenario, kegitan workshop ini dimulai pukul 13.00 WIB dan diakhiri pukul 15.00 WIB dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Pada hari pertama ini Bapak Damari membahas capaian pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), pembelajaran, asesmen, dan modul ajar.

Jalannya workshop Kurikulum Merdeka hari pertama di Kampus SMAPalas ini bo
leh dibilang sukses dan lancar. Indikasinya, semua materi berhasil dibahas tuntas oleh Pak Damari. Peserta workshop juga betah menyimak uraian materi oleh Pak Damari.dan aktif mengajukan pertanyaan. Maklum, karena dalam paparannya, Pak Damari mampu menyajikannya dengan bahasa yang komunikatif, kadang diselingi joke, dan diberikan contoh-contoh nyata agar peserta tambah paham. Buktinya, ketika menyimak materi Pak Damari ini tak jarang peserta manggut-manggut dan ada  yang senyum-senyum. Malah suasana workshop tetap hidup meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB. Dan, diskusi terpakasa harus diakhiri karena waktu sudah pukul 16.00 WIB meskipun masih ada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan. Workshop Kurikulum Merdeka  di SMAPalas masih akan berlanjut pada hari berikutnya.

Materi workshop hari pertama yang disampaikan oleh Bapak Damari itu menjadi bekal guru SMAPalas dalam menyusun modul dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Dari kegiatan workshop ini tidaklah berlebihan bahwa guru SMAPalas telah bersiap untuk melaksanakan kurikulum Merdeka dalam pembelajarannya nanti.

(J/N-humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.