PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) UNESA di SMAN 14 SURABAYA 2021

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PLP merupakan muara dari seluruh program kependidikan.

Secara umum kegunaan PLP bagi mahasiswa adalah suatu wadah atau sebagai media untuk mendapatkan pengalaman pendidikan secara faktual di lapangan untuk menerapkan ilmunya secara langsung. Kerjasama antara guru pamong dengan mahasiswa PLP dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam menjalankan tugas pengajaran dan memantapkan diri sebagai pengajar profesional.

PLP dapat disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi calon pegawai atau staf perusahaan. Hakikat dari semua pelatihan tersebut adalah mempersiapkan calon pengemban tugas menjadi profesional dalam bidang yang ditekuninya nanti. Dipandang dari sudut kurikulum, PLP merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang djpersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PLP sengaja dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa PLP agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat tugas dan tanggung jawab secara profesional. Setiap langkah dalam komponen pelatihan tersebut mengacu pada teori yang telah dipelajari menuju kepada praktek pelaksanaan tugas, atau berdasarkan efektivitas dan ketetapannya dalam praktek.

PLP bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Tujuan khusus yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa melalui PLP adalah Mengenal secara utuh lingkungan fisik, sosial, administrasi, dan akademik sekolah tempat pengabdian kelak, Menguasai berbagai keterampilan mengajar, Dapat menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata, Mampu belajar dari pengalaman mengikuti latihan.

PLP UNESA yang dilaksanakan pada bulan September sampai bulan desember yakni selama empat bulan. Setiap jurusan yang dikirim salah satunya di SMAN 14 SURABAYA yaitu terdapat jurusan fisika, biologi, kimia, PENOR (Pendidikan Keolahragaan), PKO (Pendidikan Kepelatihan Olahraga). Demi memperlancar proses belajar mengajar di sekolah yaitu dibentuk system piket dan system mengajar. Dengan hal tersebut sesuatu yang berkaitan dengan mengajar bisa dikondisikan dengan baik. Semuanya akan terpantau dengan baik saat pembelajaran berlangsung setelah menggunakan system piket tersebut. System belajar mengajarnya dimulai dari secara daring sampai akhirnya pembelajaran tatap muka terbatas yaitu sekitar 25% – 50%. 

Semua pembelajaran dipandu oleh guru pamong masing masing dan pihak sekolah yang bersangkutan. Saat pembelajaran daring, mahasiswa PLP diharuskan tetap mengajar di sekolah, tetapi bisa mencari tempat mengajar dan sinyal yang memungkinkan. Saat pembelajaran tatap muka terbatas mahasiswa PLP juga diharuskan hadir di sekolah. Pembelajaran menggunakan media media yang cukup bervariasi seperti googlemeet, zoom, classpoint dan media media pembelajaran berbasis IT lainnya karena menyesuaikan keadaan pandemic covid-19 saat ini. Pembelajaran juga harus tetap mematuhi protocol kesehatan. Setiap pembelajaran dilaksanakan, ada pemantau juga pemandu selain guru pamong, yaitu dari pihak sekolah SMAN 14 SURABAYA menggunakan moodle yaitu sejenis media yang membantu proses belajar mengajar. Disitu pihak sekolah bisa memantau aktivitas belajar mengajar, memasukkan tugas, memberikan materi dan lain lainnya. Selain itu mahasiswa PLP juga dipandu oleh dosen pembina PLP untuk kelancaran dan kondisi saat beraktivitas didalam proses belajar mengajar. Kegiatan kegiatan atau pengalaman lainnya saat PLP tidak hanya dalam proses mengajar mengajar. Yakni vaksinasi , khitanan, maulidan, dan lainnya sampai penutupan PLP UNESA yaitu pada pada hari selasa siang tanggal 7 desember 2021.

DOKUMENTASI KEGIATAN

(PROSES BELAJAR MENGAJAR)

 

(VAKSINASI)

 

(PENUTUPAN PLP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.