MPLS SMAPalas: Disiplin Kunci Meraih Kesuksesan

SMAPalas.Id. SURABAYA– Dalam dunia pendidikan, kuhususnya SMA/SMK, siswa baru harus mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dalam rangka memperkenalkan para siswa baru tersebut pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

SMA Negeri 14 Surabaya (SMAPalas), misalnya di tahun ajaran 2022-2023 menyelenggarakan MPLS sesuai dengan jadwal dan juknis dari Diknas. Kegiatan MPLS tersebut dimulai Senin (18/7) hinga Rabu (21/7) dan dilanjutkan Kamis (22/7) sebagai puncak kegiatan MPLS dengan Gelar Inagurasi Siswa berupa “Unjuk Kreativitas” penampilan seluruh kegitan estrakurikuler SMAPALAs.

Selama mengikuti MPLS itu, siswa baru tidak hanya diperkenalan kepada gurunya, tetapi juga pada seluruh komponen sekolah, program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, literasi, tata tertib sekolah, motivasi dan semangat belajar, wawasan kebangsaan dan bela negaraperaturan baris berbaris (PBB), dan profil pelajar pancasila.

Ketua Panitia MPLS SMAPalas, Amin Khomisah, S. Ag., menuturkan bahwa tujuan MPLS ini untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

“Selain itu  keiatan MPLS ini untuk memotivasi semangat dan cara belajar siswa, untuk menjalian interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah, membangun perilaku positif, seperti sikap jujur, tanggung jawab, dan mandiri,” ujarnya kepada Tim Humas SMAPalas .

Berhubungan dengan profil pelajar Pancasila, mereka diharapkan memiliki sikap saling menghargai, menghormati keaneka-ragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan pribadi yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” tegasnya.

Adapun Ibu Sri Widiati, Plt. Kepala sekolah SMAPalas, dalam sambutanya pada apel penutupan MPLS, mengucapkan selamat pada seluruh siswa baru dan mendoakan mereka bisa meriah prestasi yang tinggi lewat sekolah ini.

” Kami ucapkan selamat kepada kalian karena sudah berhasil diterima di SMA Negeri 14 Surabaya. Ingatlah, tetapkan tujuan kalian bahwa dengan memilih SMA kalian harus berkuliah. Saya doakan kalian nanti bisa diterima di PTN favorit. Itu bisa kalian raih, jika kalian disiplin dalam belajar dan disiplin dalam segala hal, “ jelasnya.

 

Selanjutnya, Ibu Widi yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMA 5 Surabaya ini,  memotovasi anak-anak agar bisa mencontoh SMA 5 Surabaya yang 90 persen siswanya diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Jika SMA 5 Surabaya bisa, kalin pasti biasa. Sebab, mereka sama dengan kalian, berasal dari keluarga yang sama, sama makan nasinya, dan mendapatkan pelayanan dan pembinaan yang sama, Kuncinya adalah dsiplin, motivasi yang besar untuk meraih kesuksessan.

Tak lupa bu Widi juga berpesan bahwa kelas X akan berbeda dalam belajar dengan kakak kelas XI dan kelas XII. Sebab, kelas X akan menggunakan kurikulum merdeka. Dengan kurikulum Merdeka, kalian lebih leluasa memilih pelajaran sesuai dengan bakat, minat, dan harapanmu dalam meraih apa yang akan kamu cita-citakan.

Insya Allah dengan bimbingan Bapak/ Ibu Guru dan dukungan sarana dan prasarana yang cukup memadai, kalian bisa belajar dengan baik. Sesuai dengan harapan awal mengapa kalian memilih sekolah tercinta ini,” yakinnya.
(J/N-humas).

Leave a Reply

Your email address will not be published.