MPLS FOURTEEN 2023

SMA Negeri 14 Surabaya-Masa Orientasi Sekolah atau MOS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan peraturan-peraturannya kepada peserta didik baru. Namun sejak tahun ajaran 2018/ 2019 MOS sudah diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disebut MPLS. MPLS adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh semua peserta didik baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah. Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah disesuaikan dengan Permendikbud nomor 18 tahun 2016.

Secara sederhana dalam pengertian yang mudah MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para peserta didik baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya. Perkenalan sekolah melalui MPLS meliputi pengenalan semua kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dilaksanakan oleh sekolah selama 3 hari.

Tujuan dari MPLS adalah mengenali potensi peserta didik baru melalui formulir profil peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi atau bakat, sifat atau perilaku dan profil orang tua atau wali. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik. Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya Kepala sekolah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan.

Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMA Negeri 14 Surabaya diawali dengan Pembukaan Apel MPLS secara online yang di buka oleh Ibu Gubernur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si sampai dengan penutupan MPLS yang ditutup oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 14 Surabaya Drs. Abdul Razzaq, S.Sos., M.Si.

Adapun kegiatan MPLS di SMAN 14 Surabaya yang berlangsung selama tiga hari:

  1. Pembukaan Apel MPLS secara online yang di buka oleh Ibu Gubernur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.
  2. Santunan Anak Yatim Piatu.
  3. Kegiatan Penanaman 10 Pohon.
  4. Materi Wawasan Wiyata Mandala dan Literasi.
  5. Materi Pengenalan Budaya, Tata Tertib Sekolah, dan Cara Belajar Efektif.
  6. Materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  7. Pengenalan Warga Sekolah dan Stakeholder SMAN 14 Surabaya.
  8. Materi Sarana dan Prasarana.
  9. Materi Kedisiplinan dan Bela Negara.
  10. Materi Pengenalan Visi Misi, Program Kegiatan, dan Pengenalan Kurikulum.
  11. Penampilan GUGUS.
  12. Apel Penutupan MPLS oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 14 Surabaya Drs. Abdul Razzaq, S.Sos., M.Si.

SMAPALAS (CERDAS, BERBUDI, DAN BERPRESTASI). KAMI JUARANYA!

#sma14sby
#smanegeri14surabaya
#smapalas
#smanegeri14surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *